HEADER_WBK_oke_oke_oke.png

  • Home
  • PROFIL PENGADILAN

    Pengantar Ketua & Visi-Misi Pengadilan

    • Pengantar Ketua Pengadilan
    • Visi Pengadilan
    • Misi Pengadilan

    Tugas Pokok dan Fungsi Pengadilan

    • Tugas Pokok Pengadilan
    • Fungsi Pengadilan

    Wilayah Yurisdiksi

    • Yurisdiksi
    • Peta Wilayah Yurisdiksi

    Struktur Organisasi & Sejarah Pengadilan

    • Struktur Organisasi
    • Sejarah Pengadilan

    Lainnya

    • Nama Para Mantan Pimpinan dan Masa Jabatannya
    • Agenda / Jadwal Kegiatan Satuan Kerja
    • Alamat dan Kontak Pengadilan
  • INFORMASI UMUM
    • Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengadilan
    • Program Kerja Tahunan
    • Laporan Tahunan
  • KEPANITERAAN

    Administrasi Perkara

    • Sistem Informasi Penelusuran Perkara
    • Panduan e-Court
    • Direktori Putusan
    • Pedoman Pengelolaan Kepaniteraan

    Prosedur Berperkara

    • Prosedur Berperkara Tingkat Pertama
    • Prosedur Berperkara Tingkat Banding
    • Prosedur Berperkara Kasasi
    • Prosedur Berperkara Peninjauan Kembali
    • Prosedur Pengambilan Produk Pengadilan
    • Prosedur Berperkara Gugatan Sederhana

    HAK-HAK PARA PIHAK

    • Hak-Hak Para Pencari Keadilan
    • Hak-hak Pokok Dalam Proses Persidangan
    • Tata Tertib Persidangan
    • Agenda /Jadwal Persidangan
    • Prosedur Mediasi
    • Daftar Nama Mediator

    BIAYA PERKARA

    • Statistik perkara
    • Daftar Panggilan Ghaib
    • Delegasi / Tabayun
    • Rincian Biaya Proses Berperkara
    • Rincian Biaya Hak-Hak Kepaniteraan
    • Rincian Radius Biaya Panggilan per Kecamatan
    • Laporan Penggunaan Biaya Perkara
    • Laporan Pengembalian Sisa Panjar Perkara

    POSBAKUM

    • Keberadaan Posbakum
    • Penerima Jasa Pos Bantuan Hukum
    • Jenis Jasa Hukum Yang dilayani
    • Syarat-syarat dan Mekanisme
    • Dasar Aturan Tentang Pos Bantuan Hukum

    BERPERKARA TANPA BIAYA (Prodeo)

    • Syarat-syarat Berperkara Prodeo
    • Prosedur Berperkara Prodeo
    • Rincian Biaya Prodeo Yang dibebankan ke Negara
  • KESEKRETARIATAN

    KEPEGAWAIAN

    • Profil Pejabat dan Pegawai
    • Profil PPNPN
    • Statistik Jumlah Pegawai
    • LHKPN
    • LHKASN

    UMUM & KEUANGAN

    • DIPA
    • Laporan Realisasi Anggaran
    • Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)
    • Neraca Keuangan
    • Realisasi PNBP
    • Asset dan Inventaris
    • Pengadaan Barang dan Jasa

    PELAPORAN

    • Rencana Strategis (Renstra)
    • Penghargaan
    • Rencana Kinerja Tahunan
    • Rencana Aksi Kinerja
    • Perjanjian Kinerja
    • IKU dan Reviu IKU
    • LKjIP
    • Pedoman Pengelolaan Kesekretariatan
    • Unit Pelaksana Teknis Kesekretariatan
    • Statistik Jumlah Pengunjung Website
  • LAYANAN PUBLIK

    MAKLUMAT PELAYANAN

    • Standar & Maklumat Pelayanan
    • Jam Kerja Pelayanan
    • Fasilitas Publik
    • SOP Pelayanan Publik
    • Pelayanan Terpadu Satu Pintu
    • SIPPN MENPAN

    INFORMASI

    • Prosedur Pelayanan Permintaan Informasi
    • Hak-Hak Pemohon Informasi
    • Prosedur Keberatan Atas Permintaan Informasi
    • Biaya Memperoleh Informasi
    • Formulir Permintaan Informasi
    • Laporan Akses Informasi

    PENGADUAN

    • SIWAS MA RI
    • Prosedur Pengaduan
    • Hak-Hak Pelapor dan Terlapor
    • Laporan Rekapitulasi Pengaduan

    KODE ETIK & PENGAWASAN

    • Pedoman Pengawasan
    • Kode Etik Hakim
    • Daftar Nama Pejabat Pengawas
    • Hukuman Disiplin Hasil Pengawasan
    • Putusan Majelis Kehormatan Hakim
    • Prosedur Evakuasi
  • PUBLIKASI
    • Arsip Berita
    • Arsip Pengumuman
    • Arsip File-File Multimedia
    • Arsip Hasil Penelitian
    • Arsip MoU
    • Regulasi / Aturan
    • Arsip Artikel
  • INFO LAINNYA
    • Statistik Kunjungan Website
    • Tautan Terkait
    • Ucapan Selamat / Duka Cita
    • Tautan Situs Sosial Media
 
  1. PUBLIKASI
  2. Arsip Berita
  3. Ketua PA Kota Madiun Tekankan Profesionalisme dan Integritas dalam Rapat Dinas Monev Kinerja Bulan September Tahun 2025 |08-10-2025|
Details
Category: BERITA SEPUTAR PENGADILAN
08.Oct
08 October 2025
Hits: 72

Ketua PA Kota Madiun Tekankan Profesionalisme dan Integritas dalam Rapat Dinas Monev Kinerja Bulan September Tahun 2025 |08-10-2025|

KETUA PA KOTA MADIUN TEKANKAN PROFESIONALISME DAN INTEGRITAS DALAM RAPAT DINAS MONEV KINERJA BULAN SEPTEMBER TAHUN 2025

 pakotamaig 21effvsbsbsndec6 0946 4073 be38 78876fca4e3e

PA Kota Madiun menggelar rapat Dinas Monev (Monitoring dan Evaluasi) kinerja bulanan, bulan  September tahun 2025 pada Rabu, (08/10/2025). Bertempat di di Aula PA Kota Madiun pukul 13.30 WIB. Rapat dinas ini dipimpin oleh Ketua PA Kota Madiun Dr. H. Sofyan Zefri, S.H.I., M.S.I.   yang didampingi oleh Wakil Ketua PA Kota Madiun Imam Safi’I, S.H.I., M.H., Panitera Lucky Aziz Hakim, S.H.I., M.H., Sekretaris Agus Widyanto, S.H.I. . dan dihadiri segenap Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional, seluruh ASN, CPNS serta PPNPN PA Kota Madiun.

pakotamaig d14vsbsnsmsldd78eb1 0c06 4dcf a06f 711e688f60c3

pakotamaig vsnskskdndndf88aeadc8 d92b 408a 8312 344b107c03fc

Rapat dibuka oleh Wakil Ketua PA Kota Madiun Imam Safi'i, S.H.I., M.H., dalam mengawali sambutannya mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT dapat berkumpul kembali melaksanakan agenda rutin rapat dinas monev kinerja. Dan rapat hari ini merupakan rapat monev kinerja untuk memonitoring dan mengevaluasi kinerja dalam melaksanakan tupoksi dan selama bulan September tahun 2025 yang dimana dalam monev kinerja juga akan dibuka sharing season menyelesaikan kendala yang dihadapi dengan strategi terbaik demi peningkatan pelayanan semakin lebih baik. Selanjutnya untuk mengawali monev kinerja bulanan diberikan kesempatan kepada Panitera dan Sekretaris untuk menyampaian laporan kinerja bulan September 2025 dan tindak lanjut dari rapat sebelumnya pada masing-masing Bidang Kepaniteraan dan Kesekretariatan.

pakotamaig absnsnndd402275c 6f96 4b44 b35c 018d08b26f9d

Pada kesempatan yang diberikan Panitera PA Kota Madiun Lucky Aziz Hakim, S.H.I., M.H. menyampaikan hasil rapat evaluasi kinerja bulan  September bidang Kepaniteraan PA Kota Madiun, bahwa tupoksi dari masing-masing Panitera Muda  dari Panitera Muda Gugatan, Panitera Muda Permohonan dan Panitera Muda Hukum selama bulan September berjalan dengan lancar. secara Persentase perkara e-court  dan penyelesaian perkara per bulan September naik signifikan. Selanjutnya menyampaikan terkait perkara prodeo, capaian restra tahun 2025 dan penyusunan tahun 2026 bidang kepaniteraan, perkara eksekusi , penggunaan aplikasi inovasi Bluder dan Silandep PA Kota Madiun juga e- AC berjalan dengan lancar. Diakhir laporannya selain menghimbau terkait pengisian BAS juga menyampaikan progress Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang per Oktober 2025 kini telah dirubah menjadi Pelayanan Terpadu Satu Loket (PTSL) dan telah berjalan serta senantiasa dilakukan monitoring dan evaluasi terkait kendala dalam implementasi tersebut.

pakotamaig d774276f 9nnkdkdfbc 494c bd53 2f872594a3fb

Beralih pada laporan Sekretaris PA Kota Madiun Agus Widyanto, S.H.I. menyampaikan hasil monev bidang Kesekretariatan bulan September bahwa tupoksi masing-masing Kasubbag  berjalan dengan lancar dan melaporkan terkait perencanaan dan realisasi pengelolaan anggaran serta  perkembangan dalam sistem pelaporan berbasis teknologi,  diantaranya: Penginputan data realisasi komponen dan rincian output pada aplikasi e- monev Bappenas, Nilai IKPA DIPA 01 dan DIPA 04 per September 2025 untuk DIPA 01, rekap penggunaan aplikasi bulan September, diantaranya: Bluder, Silandep, e- Pecel, e-Dayoh dan e- Surti (nilai IKM, Indeks Kualitas Pelayanan (IKP) dan Indeks Persepsi Anti Korupsi (IPAK). Selanjutnya mengulas dinamika pengelolaan SDM dan tata kelola organisasi yang semakin adaptif, diantaranya:  Tindak Lanjut updating data PPPK pada SIKEP Mahkamah Agung RI, Pendataan PPNPN Non DIPA, Kedisiplinan absensi Hakim dan pegawai PA Kota Madiun pada SIKEP Mahkamah Agung RI serta perzinan cuti pegawai. Untuk bagian Umum dan Keuangan beliau melaporkan diantaranya: pengisian laporan Triwulan III pada aplikasi e- Monev Bappenas, perawatan/ pemeliharaan sarana dan prasarana, kebersihan pada setiap ruangan perlu ditingkatkan semakin lebih baik lagi untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, kedisiplinan petugas keamanaan, progres pemusnahan Akta Cerai telah dilaksanakan, SK sewa mess dan ATM telah turun selanjutnya segera ditindaklanjuti untuk pembayaran, kemudian keuangan berjalan dengan baik baik itu hak hakim, pegawai maupun PPNPN. Diakhir laporanya beliau menyampaikan terkait penyusunan Renstra dan IKU sesuai Surat Sekretaris Mahkamah Agung,  pembentukan tim Penerapan dan Penilaian Pengendalian Intern atas Pelaporan Keuangan (PIPK) Tahun 2025 termasuk optimalisasi peningkatan penilaian keuangan pada Kinsatker.

pakotamaig 1ad61b58vbssjbddbf 6547 4ac1 a02a 00696d9bbdce

Wakil Ketua PA Kota Madiun Imam Safi'i, S.H.I., M.H. dalam pembinaannya mengingatkan kembali kepada seluruh aparatur PA Kota Madiun untuk menjaga kinerja, kedisiplinan,  wibawa dan etika kerja dengan baik yang berhubungan dengan melaksanakan Perma No. 7,8 dan 9 tahun 2016 tentang penegakan disiplin kinerja Hakim, Pengawasan dan Pembinaan Atasan Langsung, Pedoman penangan pengaduan whistleblowing system Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Dibawahnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan melaksanakan tupoksi masing-masing baik dari Hakim dalam melaksanakan persidangan, Panitera, Sekretaris, ASN dan dan seterusnya masing-masing aparatur dengan berkomitmen yang tinggi menjaga moralitas dan integritas serta meningkatkan performa kinerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan di PA Kota Madiun.

“Disamping itu, menekankan kembali akan pentingnya implementasi budaya kerja unggul melalui pendekatan 5R, yakni: Ringkas – Menyingkirkan yang tidak perlu, Rapi – Menempatkan sesuatu pada tempatnya, Resik – menjaga kebersihan dari hadas dan najis, Rajin – Menepati waktu dan disiplin dalam tugas, Rawat – Menjaga dan melanjutkan kebiasaan dengan baik. Budaya 5S dan 5R bukan hanya slogan, tetapi harus menjadi karakter dan kebiasaan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sikap ramah dan lingkungan kerja yang bersih akan meningkatkan kepercayaan publik terhadap lembaga peradilan. Kemudian diharapkan seluruh aparatur PA Kota Madiun terus memaksimalkan peran masing-masing dalam merealisasikan program-program kinerja kedepan yang salah satunya kegiatan yang bertujuan untuk  memperkuat kekompakan dan mempererat tali silaturahmi yang tidak lain demi menguatkan sinergitas dalam melaksanakan segala program, baik program prioritas Badan Peradilan Agama, PTA Surabaya maupun Mahkamah Agung dengan penuh profesionalisme dan integritas.”, tutur Wakil Ketua PA Kota Madiun.

pakotamaig 929173vabsmsldldmd73 eda4 4644 8f7f 075b2d9b85de

Lebih lanjut, Wakil Ketua PA Kota Madiun tersebut menanggapi laporan-laporan dari masing-masing Bidang Kepaniteraan dan Kesekretariatan yang juga membuka kesempatan kepada seluruh aparatur PA Kota Madiun untuk menyampaikan saran dan kendala ataupun permasalahan yang dihadapi untuk diselesaikan dengan strategi serta solusi-solusi yang dapat mendukung peningkatan kinerja. Dalam kesempatan ini pula memberikan kesempatan kepada para Hakim agar menyampaikan selaku Hawasbid menyampaikan kendala yang dihadapi selama persidangan, diantaranya tata tertib persidangan untuk para pihak berperkara, ketelitian keseragaman penulisan relaas panggilan sidang karena core bussines Pengadilan Agama adalah menyelesaikan perkara dan persidangan, maka harus dilaksanakan dengan semaksimal mungkin untuk memberikan palayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan.

pakotamaig c50cvsnskddnfb2c1 cf5c 4d59 8db0 04c2daeed28d

Ketua PA Kota Madiun Dr. H. Sofyan Zefri, S.H.I., M.S.I. mengawali pembinaannya mengungkapkan rasa syukur rapat dinas yang merupakan agenda penting sebagai forum sharing sebagai upaya memonitoring dan evaluasi dalam memantau target kinerja tercapai dengan efektif dan efisien dengan beberapa hal evaluasi bulan sebelumnya telah ditindaklanjuti dengan baik sesuai target yang telah ditentukan demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan.

Selanjutnya menanggapi laporan masing-masing bidang, diantaranya terkait progress Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang per Oktober 2025 kini telah dirubah menjadi Pelayanan Terpadu Satu Loket (PTSL) yang dimana budaya kerja berbasis layanan sesuai kebutuhan pelanggan, dengan PTSL menjadi one stop service maka segala kebutuhan pengguna layanan/ masyarakat pencari keadilan dapat terpenuhi dengan baik bahkan melebihi ekspektasi pengguna layanan tersebut. Pada Bidang Kesekretariatan dengan adanya Sekretaris baru diharapkan Kesekretariatan semakin energik menjadi supporting unit yang baik memebuhi target kinerja yang telah ditentukan. Selanjutnya dalam hal berhubungan persidangan yang bersinggungan pengguna layanan, belau menghimbau harus dilakukan sebaik mungkin dengan zero kesalahan. Dan segenap pimpinan PA Kota Madiun selalu berupaya untuk menjadi Role Model terbaik bagi seluruh aparatur PA Kota Madiun dimana Ketua sebagai Role Model Motivator, Inovator dan Kreativitas yang Visioner dan Inspiratif, Wakil Ketua sebagai Role Model Peningkatan Pengetahuan dan Keahlian Teknologi Informasi yang Visioner dan Inspiratif, Panitera sebagai Role Model Peningkatan Akurasi dan Percepatan Penyelesaian Tugas yang Visioner dan Inspiratif, dan Sekretaris sebagai Role Model Peningkatan Profesionalisme, Akuntabilitas dan Transparansi yang Visioner dan Inspiratif yang berharap memiliki dedikasi terbaik dengan saran dan kritik yang membangun dari seluruh aparatur PA Kota Madiun. Termasuk senantiasa membuat lingkungan kerja yang kondusif dan nyaman  serta berupaya menjaga eksistensi PA Kota Madiun.

Rapat ini juga memberikan ruang bagi setiap peserta untuk memberikan masukan dan saran yang konstruktif, guna meningkatkan kinerja dan pelayananpa Kota Madiun. Melalui proses evaluasi yang transparan dan terbuka, diharapkan setiap bagian dapat saling bersinergi untuk mewujudkan tujuan bersama dalam mewujudkan pelayanan yang lebih efisien, efektif, dan berkualitas.

Diakhir pembinaan Ketua PA Kota Madiun Dr. H. Sofyan Zefri, S.H.I., M.S.I.  memberikan apresiasi kepada segenap aparatur PA Kota Madiun atas kolaborasi kinerja terbaiknya dan berharap senantiasa menguatkan kerja team work baik dalam penyelelesaian perkara, persidangan maupun pengelolaan keuangan. Beliau berpesan agar seluruh aparatur PA Kota Madiun setiap moment mempu mencintai tempat kerja  melalui semangat kerja untuk  melaksanakan target kinerja secara maksimal yang tentunya  terus  bekerja dengan profesional dan menjaga integritas, dengan motivasi melaksanakan nilai-nilai kebanggaan PA Kota Madiun pada setiap pelaksanaan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing. Beliau pun berpesan agar seluruh aparatur PA Kota madiun terus berkoordinasi mempertahankan kinerja yang  telah baik, meningkatkan yang perlu ditingkatkan serta tetap menjaga konsistensi kinerja demi memberikan dedikasi kinerja terbaik dengan bersinergi bekerjasama melaksanakan tupoksi  dengan maksimal yang tentunya juga menjaga komunikasi antar bidang.

Secara keseluruhan, rapat monitoring dan evaluasi kinerja  bulan September ini berjalan dengan baik. Rapat ditutup oleh Wakil Ketua PA Kota Madiun Imam Safi'i, S.H.I., M.H.  dengan harapan dapat menjadi acuan bagi pengembangan kualitas kerja untuk kedepannya serta memberikan dampak positif bagi kemajuan institusi dan pelayanan publik di  PA Kota Madiun.

Hubungi Kami

 

0851-2960-5370

Kode POS (63125)

Email Perkara :

 kepaniteraan@pa-kotamadiun.go.id

Email Umum :

 kesekretariatan@pa-kotamadiun.go.id

location.png  Lokasi Kantor 

Ikuti Kami di

         

Tautan Web

 

Mahkamah Agung RI 

Kepaniteraan MA RI 

Badan Pengawasan MA RI

Ditjen Badilag 

Direktori Putusan MA-RI 

JDIH Mahkamah Agung

PTA Surabaya

JDIH Mahkamah Agung

SIPPN Menpan

Kerjasama

    

 

Statistik Pengunjung

Jam Pelayanan

Pendaftaran Perkara Offline

Senin-Jumat : 08.00 - 12.00 WIB

Pelayanan PTSP

Senin-Kamis : 08.00 - 15.00 WIB

Jumat : 07.30 - 15.00

Istirahat : 12.00 - 13.00

Persidangan

Senin-Kamis : 09.00 - Selesai

 

.

Untuk Bulan Ramadhan

Senin - Kamis

Jam Kerja : 08.00 - 15.00 WIB

Jam Istirahat :12.00 -12.30 WIB

Jum'at

Jam Kerja : 08.00 - 15.30 WIB

Jam Istirahat :11.30 -12.30 WIB

SABTU DAN MINGGU LIBUR

 

Copy Right © 2024. Pengadilan Agama Kota Madiun V.0.4

cctv gif

Duta layanan