HEADER_WBK_oke_oke_oke.png

  • Home
  • PROFIL PENGADILAN

    Pengantar Ketua & Visi-Misi Pengadilan

    • Pengantar Ketua Pengadilan
    • Visi Pengadilan
    • Misi Pengadilan

    Tugas Pokok dan Fungsi Pengadilan

    • Tugas Pokok Pengadilan
    • Fungsi Pengadilan

    Wilayah Yurisdiksi

    • Yurisdiksi
    • Peta Wilayah Yurisdiksi

    Struktur Organisasi & Sejarah Pengadilan

    • Struktur Organisasi
    • Sejarah Pengadilan

    Lainnya

    • Nama Para Mantan Pimpinan dan Masa Jabatannya
    • Agenda / Jadwal Kegiatan Satuan Kerja
    • Alamat dan Kontak Pengadilan
  • INFORMASI UMUM
    • Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengadilan
    • Program Kerja Tahunan
    • Laporan Tahunan
  • KEPANITERAAN

    Administrasi Perkara

    • Sistem Informasi Penelusuran Perkara
    • Panduan e-Court
    • Direktori Putusan
    • Pedoman Pengelolaan Kepaniteraan

    Prosedur Berperkara

    • Prosedur Berperkara Tingkat Pertama
    • Prosedur Berperkara Tingkat Banding
    • Prosedur Berperkara Kasasi
    • Prosedur Berperkara Peninjauan Kembali
    • Prosedur Pengambilan Produk Pengadilan
    • Prosedur Berperkara Gugatan Sederhana

    HAK-HAK PARA PIHAK

    • Hak-Hak Para Pencari Keadilan
    • Hak-hak Pokok Dalam Proses Persidangan
    • Tata Tertib Persidangan
    • Agenda /Jadwal Persidangan
    • Prosedur Mediasi
    • Daftar Nama Mediator

    BIAYA PERKARA

    • Statistik perkara
    • Daftar Panggilan Ghaib
    • Delegasi / Tabayun
    • Rincian Biaya Proses Berperkara
    • Rincian Biaya Hak-Hak Kepaniteraan
    • Rincian Radius Biaya Panggilan per Kecamatan
    • Laporan Penggunaan Biaya Perkara
    • Laporan Pengembalian Sisa Panjar Perkara

    POSBAKUM

    • Keberadaan Posbakum
    • Penerima Jasa Pos Bantuan Hukum
    • Jenis Jasa Hukum Yang dilayani
    • Syarat-syarat dan Mekanisme
    • Dasar Aturan Tentang Pos Bantuan Hukum

    BERPERKARA TANPA BIAYA (Prodeo)

    • Syarat-syarat Berperkara Prodeo
    • Prosedur Berperkara Prodeo
    • Rincian Biaya Prodeo Yang dibebankan ke Negara
  • KESEKRETARIATAN

    KEPEGAWAIAN

    • Profil Pejabat dan Pegawai
    • Profil PPNPN
    • Statistik Jumlah Pegawai
    • LHKPN
    • LHKASN

    UMUM & KEUANGAN

    • DIPA
    • Laporan Realisasi Anggaran
    • Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)
    • Neraca Keuangan
    • Realisasi PNBP
    • Asset dan Inventaris
    • Pengadaan Barang dan Jasa

    PELAPORAN

    • Rencana Strategis (Renstra)
    • Penghargaan
    • Rencana Kinerja Tahunan
    • Rencana Aksi Kinerja
    • Perjanjian Kinerja
    • IKU dan Reviu IKU
    • LKjIP
    • Pedoman Pengelolaan Kesekretariatan
    • Unit Pelaksana Teknis Kesekretariatan
    • Statistik Jumlah Pengunjung Website
  • LAYANAN PUBLIK

    MAKLUMAT PELAYANAN

    • Standar & Maklumat Pelayanan
    • Jam Kerja Pelayanan
    • Fasilitas Publik
    • SOP Pelayanan Publik
    • Pelayanan Terpadu Satu Pintu
    • SIPPN MENPAN

    INFORMASI

    • Prosedur Pelayanan Permintaan Informasi
    • Hak-Hak Pemohon Informasi
    • Prosedur Keberatan Atas Permintaan Informasi
    • Biaya Memperoleh Informasi
    • Formulir Permintaan Informasi
    • Laporan Akses Informasi

    PENGADUAN

    • SIWAS MA RI
    • Prosedur Pengaduan
    • Hak-Hak Pelapor dan Terlapor
    • Laporan Rekapitulasi Pengaduan

    KODE ETIK & PENGAWASAN

    • Pedoman Pengawasan
    • Kode Etik Hakim
    • Daftar Nama Pejabat Pengawas
    • Hukuman Disiplin Hasil Pengawasan
    • Putusan Majelis Kehormatan Hakim
    • Prosedur Evakuasi
  • PUBLIKASI
    • Arsip Berita
    • Arsip Pengumuman
    • Arsip File-File Multimedia
    • Arsip Hasil Penelitian
    • Arsip MoU
    • Regulasi / Aturan
    • Arsip Artikel
  • INFO LAINNYA
    • Statistik Kunjungan Website
    • Tautan Terkait
    • Ucapan Selamat / Duka Cita
    • Tautan Situs Sosial Media
 
  1. PUBLIKASI
  2. Arsip Berita
  3. Dukung Tata Kelola Pengadaan Barang yang Akuntabel, PA Kota Madiun Ikuti Sosialisasi Fitur Standarisasi dan Evaluasi Pengadaan Aplikasi e-Sadewa |16-10-2025|
Details
Category: BERITA SEPUTAR PENGADILAN
16.Oct
16 October 2025
Hits: 55

Dukung Tata Kelola Pengadaan Barang yang Akuntabel, PA Kota Madiun Ikuti Sosialisasi Fitur Standarisasi dan Evaluasi Pengadaan Aplikasi e-Sadewa |16-10-2025|

DUKUNG TATA KELOLA PENGADAAN BARANG YANG AKUNTABEL, PA KOTA MADIUN IKUTI SOSIALISASI FITUR STANDARISASI DAN EVALUASI PENGADAAN APLIKASI E-SADEWA

pakotamaig-45f3ad69-8e62ll-4627-bllll519-8741732abfed.jpg

Kasubbag Umum dan Keuangan PA Kota Madiun Juminem, S.H., M.Hum. bersama  Teknisi Sarana dan Prasarana Ilham Akbar, S.T. dan Operator Layanan Operasional  Irkhamni Operator e-Sadewa PA Kota Madiun mengikuti Sosialisasi Fitur Standarisasi dan Evaluasi Pengadaan Menu Pengadaan Barang pada Aplikasi e-Sadewa (Electronic State Asset Development and Enhancement Work Application) secara daring  di Media Center PA Kota Madiun pada Kamis,  (16/10/2025).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Biro Perlengkapan Badan Urusan Administrasi (BUA) Mahkamah Agung RI secara daring melalui aplikasi zoom meeting ini diikuti oleh Para Sekretaris/Kuasa Pengguna Barang pada Unit Eselon I, Pengadilan Tingkat Banding  dan Pengadilan Tingkat Pertama serta Para Operator e-Sadewa pada Unit Eselon I, Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama pada 4 (empat) Lingkungan Peradilan.

Kegiatan ini dalam rangka menindaklanjuti indikator kinerja kegiatan terkait hasil inventarisasi bangunan gedung dan evaluasi pengadaan terhadap pelaksanaan kontrak berdasarkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Nomor: 167/KMA/SK.RA1.3/IX/2025 tentang Rencana Strategis Mahkamah Agung Republik Indonesia Tahun 2025-2029.

pakotamaig-3b619cf8-4fdf-4d5b-b387-768dkkedd62kkk7d1.jpg

Pada pukul 09.00 WIB kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung dilanjutkan dengan pembacaan do’a.  Dalam sambutan Kepala Biro Perlengkapan Mahkamah Agung RI Rosyidatus Syarifeini, S.Psi., M.H.  sekaligus membuka kegiatan menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari indikator kinerja kegiatan yang berkaitan dengan hasil inventarisasi bangunan gedung dan evaluasi pengadaan terhadap pelaksanaan kontrak. Hal ini sejalan dengan arah kebijakan yang tertuang dalam Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Nomor 167/KMA/SK.RA1.3/IX/2025 tentang Rencana Strategis Mahkamah Agung Republik Indonesia Tahun 2025–2029.

Lebih lanjut, Kepala Biro Perlengkapan Mahkamah Agung RI menjelaskan bahwa pengembangan fitur pada aplikasi e-Sadewa menjadi langkah strategis dalam mendukung transformasi digital pengelolaan barang milik negara di lingkungan Mahkamah Agung. Melalui sistem yang terstandar dan terintegrasi ini, diharapkan proses inventarisasi dan evaluasi pengadaan dapat dilakukan secara lebih efektif, efisien, serta akuntabel sesuai prinsip tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). Selanjutnya melalui fitur standarisasi dan evaluasi pengadaan ini,  setiap satuan kerja dapat lebih mudah melaksanakan proses pengadaan secara tertib administrasi serta sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Beliau pun juga berharap agar para peserta sosialisasi dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh sehingga dapat memahami dan mengimplementasikan penggunaan aplikasi e-Sadewa secara optimal di satuan kerja masing-masing.

Kepala Bagian Tata Laksana Pengadaan Barang II Biro Perlengkapan BUA Mahkamah Agung RI Fany Widia, S.E., M.M. selaku Ketua Panitia menyampaikan laporan kegiatan bahwa kegiatan Sosialisasi Fitur Standarisasi dan Evaluasi Pengadaan Menu Pengadaan Barang pada Aplikasi e-Sadewa ini diselenggarakan sebagai upaya peningkatan pemahaman satuan kerja terhadap implementasi sistem pengadaan barang secara digital di lingkungan Mahkamah Agung.

Beliau menjelaskan bahwa kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari seluruh satuan kerja di bawah Mahkamah Agung, baik dari pusat maupun daerah, dengan tujuan agar para peserta dapat memahami secara menyeluruh mekanisme penggunaan fitur standarisasi dan evaluasi pengadaan pada aplikasi e-Sadewa. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat terwujud keseragaman dalam pelaksanaan pengadaan barang serta peningkatan akuntabilitas dan efisiensi pengelolaan barang milik negara di lingkungan peradilan.

Aplikasi E-Sadewa diluncurkan secara resmi oleh Ketua Mahkamah Agung pada tanggal 8 Desember 2021. e-SADEWA (Electronic State Asset Development and Enhancement Work Application) adalah aplikasi resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia yang dirancang untuk mendukung pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) secara digital dan terintegrasi di lingkungan peradilan. Aplikasi ini merupakan transformasi dari sistem sebelumnya, SIPERMARI, dengan peningkatan fungsi dan fitur yang signifikan. Adapun fitur utama e-sadewa yaitu monitoring BMN, Pengelolaan BMN, Pengadaan barang dan Pelaporan BMN. Melalui e-sadewa sangat mempermudah dalam proses penatausahaan BMN. Satker tidak perlu lagi berkirim surat secara fisik jika akan mengajukan permohonan penatausahaan BMN. Semua sudah paper less sehingga efektifitas dan kecepatan proses penatausahaan BMN bisa semakin akuntabel.

Dalam kegiatan ini, peserta mendapatkan penjelasan langsung dari Kepala Sub Bagian Standarisasi Pengadaan Barang I Biro Perlengkapan Mahkamah Agung RI, yang memaparkan secara rinci mengenai Fitur Standarisasi pada aplikasi e-Sadewa, meliputi tata cara penggunaan, manfaat, serta penerapan standarisasi dalam proses pengadaan barang agar sesuai dengan ketentuan dan kebutuhan satuan kerja.

Sementara itu, Fitur Evaluasi Pengadaan pada aplikasi e-Sadewa dijelaskan oleh Kepala Sub Bagian Evaluasi Pengadaan Barang I, yang menekankan pentingnya proses evaluasi dalam memastikan efektivitas pelaksanaan kontrak serta kesesuaian antara perencanaan dan realisasi pengadaan barang di lingkungan Mahkamah Agung.

pakotamaig-809df267-3a49-4ckkbd-9ablla-a55b29dc05e9.jpg

Di akhir kegiatan, dibuka sesi diskusi dan tanya jawab yang berlangsung interaktif. Para peserta dari berbagai satuan kerja aktif menyampaikan pertanyaan dan berbagi pengalaman terkait penerapan aplikasi e-Sadewa di tempat masing-masing. Dengan mengikuti kegiatan ini, PA Kota Madiun memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai penggunaan fitur Standarisasi dan Evaluasi Pengadaan pada aplikasi e-Sadewa, sehingga diharapkan mampu mengoptimalkan pengelolaan aset dan pelaksanaan pengadaan barang secara lebih transparan, tertib, dan akuntabel.

Hubungi Kami

 

0851-2960-5370

Kode POS (63125)

Email Perkara :

 kepaniteraan@pa-kotamadiun.go.id

Email Umum :

 kesekretariatan@pa-kotamadiun.go.id

location.png  Lokasi Kantor 

Ikuti Kami di

         

Tautan Web

 

Mahkamah Agung RI 

Kepaniteraan MA RI 

Badan Pengawasan MA RI

Ditjen Badilag 

Direktori Putusan MA-RI 

JDIH Mahkamah Agung

PTA Surabaya

JDIH Mahkamah Agung

SIPPN Menpan

Kerjasama

    

 

Statistik Pengunjung

Jam Pelayanan

Pendaftaran Perkara Offline

Senin-Jumat : 08.00 - 12.00 WIB

Pelayanan PTSP

Senin-Kamis : 08.00 - 15.00 WIB

Jumat : 07.30 - 15.00

Istirahat : 12.00 - 13.00

Persidangan

Senin-Kamis : 09.00 - Selesai

 

.

Untuk Bulan Ramadhan

Senin - Kamis

Jam Kerja : 08.00 - 15.00 WIB

Jam Istirahat :12.00 -12.30 WIB

Jum'at

Jam Kerja : 08.00 - 15.30 WIB

Jam Istirahat :11.30 -12.30 WIB

SABTU DAN MINGGU LIBUR

 

Copy Right © 2024. Pengadilan Agama Kota Madiun V.0.4

cctv gif

Duta layanan