pakotama |11/3/2020|
Untuk kedua kalinya Pakotama mengadakan Pelatihan Service Excellence bagi semua pegawai khususnya Petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Seperti sebelumnya, pelatihan kali ini juga didampingi oleh mentor-mentor dari BRI Cabang Madiun. Hadir dalam kesempatan tersebut Diana, Argo, Dewi, Renindha dan Reni.
(Keterangan Gambar: Suasana Pelatihan)
"Pelayanan prima bukanlan plakat atau jargon tapi harus betul-betul dirasa oleh masyarakat penerima layanan". Demikian Argo Puspo Prabowo memulai presentasinya. Menurutnya, dalam pelayanan ada tiga hal yang dituntut oleh penerima layanan atau costumer service yaitu; lebih baru, lebih cepat dan lebih baik. Ketiga hal inilah yang harus diwujudkan oleh petugas-petugas pelayanan.
Pemaparan yang simpel, sistematis serta didukung pemutaran video tentang pelayanan dari mas Argo tampaknya memantik para peserta pelatihan untuk terlibat langsung dalam diskusi interaktif dengan para mentor.
BACA JUGA: TINGKATKAN SERVICE EXCELLENCE, PA KOTA MADIUN UNDANG BRI CABANG MADIUN
Pelatihan semakin manarik ketika mbak Diana dan mbak Nindha mempraktikan langsung bagaimana cara memberikan greeting atau memberikan sapaan dan salam pada costumer service. Keduanya tampak sangat luwes dan fasih dalam mempraktikkan semua tahapan dalam memberikan greeting. Tak canggung mereka berdua mengulang adegan yang dirasa bagian penting yang harus difahami oleh para peserta.
(Keterangan Gambar: Suasana Praktik Petugas PTSP)
Setelah dirasa cukup, para mentor kemudian meminta para petugas PTSP Pakotama untuk mempraktikan sesuai tugasnya masing-masing. Dimulai dari petugas pemberi informasi, pembuatan gugatan, pendaftaran hingga petugas pengambilan produk pengadilan.
Selesai praktik, Argo merasa puas dengan progress Petugas PTSP Pakotama dalam menerima materi latihan. Menurutnya, sikap dan gestur yang baik dalam melayani costumer service tidak muncul dengan sendirinya melainkan perlu sering dilatih. Karenanya ia berharap para petugas PTSP Pakotama untuk sering-sering berlatih dalam bentuk roleplay agar kemampuan dalam memberikan palayanan kepada masyarakat semakin terasah.